Saturday, May 17, 2014

Antena eksternal modem MF90 bolt

Banyak user yang kecewa setelah membeli modem bolt MF90 dengan harga promo Rp. 299ribu, tapi ternyata setelah dicoba di rumah tidak mendapatkan sinyal 4G yang cukup. Padahal sebelum membeli modem bolt mereka sudah terlebih dahulu mengecek apakah daerahnya sudah tercover jaringan 4G dari Bolt.
Walaupun menurut peta sebuah daerah sudah tercover jaringan 4G bolt pada kenyataannya belum tentu jika dipakai di dalam rumah sinyal yang diperoleh cukup baik. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi sekitarnya seperti terhalang gedung, rumah , pohon dan tembok kamar. Apabila sinyal di luar cukup bagus sedang jika modem ditaruh di dalam rumah sinyal menjadi hilang, maka hal ini bisa diatasi dengan menambahkan antena eksternal pada modem MF90.
Pada modem MF90 Ada konektor antena yang tersembunyi di balik batereinya. Untuk memasang konektor antena atau biasa disebut pigtail, baterei modem harus dilepas, dan power didapat dari charger. Masalahnya modem tidak bisa menyala hanya dengan charger, hal ini bisa diatasi dengan memasang dummy baterei atau fake baterei. Memakai baterei dummy juga memiliki keuntungan yaitu modem tidak cepat panas walaupun modem dipakai 24 jam nonstop dibandingkan dengan menggunakan modem dengan baterei yang dicharge.
Antena eksternal untuk modem 4G bisa berupa antena yagi,  biquad bahkan antena kaleng atau wajan bolic. Salah satu antena sederhana yaitu model antena biquad. Jenis ini lumayan powerful dan mudah dibuat. Cukup memasang antena ini di tempat yang tinggi kemudian hubungkan dengan modem, maka sinyal 4G akan menjadi semakin kuat.

No comments:

Post a Comment