Thursday, May 15, 2014

Cara cek sinyal jaringan 4G LTE Bolt

Bolt salah satu provider internet teknologi 4G LTE di Indonesia yang semakin berkembang saat ini. Saat ini Bolt masih terus berusaha mengembangkan jaringannya. Untuk jabodetabek hampir semua daerah telah dicover jaringan bolt ini. Peta jaringan 4G LTE bolt dapat dilihat disini
Namun demikian walaupun di peta terlihat suatu daerah telah tercover jaringan 4G bolt, pada kenyataannya belum tentu sinyal yang diperoleh cukup untuk mendapatkan internet cepat dari bolt. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, misalnya banyak gedung bertingkat, pohon, atau tembok rumah yang menghalangi modem memperoleh sinyal yang baik.
Pada modem MF90, sinyal 4G ditandai dengan lampu biru kedip2 , sedangkan jika tidak mendapatkan sinyal lampu akan menyala merah. Tapi bagaimana mengecek berapa kekuatan sinyal 4Gnya?
Banyak yang terkecoh bahwa sinyal 4G adalah tanda sinyal yang ada di bagian kanan bawah desktop. padahal itu adalah kekuatan sinyal wifi ke gadget, bukan kekuatan sinyal 4G ke modem. Sinyal di kanan bawah desktop selalu 100% jika gadget kita dekat dengan modem, walaupun modem tidak mendapatkan sinyal 4G.
Untuk mengetahui kekuatan sinyal 4G di tempat kita dapat diketahui dengan mengakses web GUI pada modem wireless. Sebelumnya kita harus menyalakan modem ,dalam hal ini modem MF90, Setelah kita terhubung dengan wifi modem MF90, buka alamat 192.168.1.1 pada browser , merupakan web GUI modem MF90. Kekuatan sinyal (signal strenght) dapat dilihat pada bagian atas web GUI tsb.




Untuk mendapatkan sinyal yang cukup agar bisa menikmati internet cepat dari bolt bisa dilakukan dengan menambahkan antena eksternal pada modem. Kuatnya sinyal yang didapat oleh modem sangat berpengaruh pada kecepatan internet.

2 comments: