Friday, February 21, 2014

Jaringan coverage area Bolt 4G

Saat ini internet wireless bolt dengan teknologi 4G, yang diklaim lebih cepat 10x daripada internet broadband lain, telah meliputi area jabodetabek. Berikut peta jaringan coverage internet bolt:
peta jaringan bolt jabodetabek
Di peta terlihat untuk daerah yang berwarna merah berarti sudah dalam jangkauan sinyal internet 4G bolt, sedangkan untuk area yang berwarna biru  masih dalam tahap pengembangan.
Untuk lebih jelas mengenai lokasi yang sudah mendapatkan sinyal bolt , bisa dicek lewat peta interaktif di website resminya di http://www.boltsuper4g.com/jaringan-bolt.html.
Dalam prakteknya walaupun di peta sudah berwarna merah, ternyata kenyataannya belum tentu sinyal yang diterima cukup baik oleh modem. Hal ini disebabkan karena sinyal 4G mudah dipengaruhi oleh kondisi sekitarnya, seperti adanya gedung tinggi, pohon atau ruangan yang menghalangi datangnya sinyal 4G. Sering dijumpai kasus sinyal yang kuat di luar rumah tapi saat di dalam rumah sinyal menjadi hilang. Supaya mendapatkan sinyal yang baik modem bisa ditempatkan di luar rumah, tentu hal ini menjadi kurang nyaman, karena modem bisa hilang atau kepanasan dan kehujanan ketika berada di luar rumah.
Solusi lain untuk mendapatkan sinyal 4G yang baik adalah dengan memasang antena eksternal. Jadi modem tetap berada di dalam rumah sedangkan antena diletakkan di luar rumah untuk mendapatkan sinyal yang kuat.
Tidak banyak yang tahu, Modem ZTE MF90 yang disertakan dalam paket pembelian perdana bolt ternyata mendukung antena eksternal. Konektor antena modem MF90 terdapat di bagian bawah batre modem. Ada dua slot antena berbentuk bulat kecil yang terdapat di modem MF90. Untuk memasangkan slot antena , batre harus dilepas untuk memasukkan slot pigtail antena.

No comments:

Post a Comment