Wednesday, June 11, 2014

Cara Pasang Antena eksternal pada Modem ZTE MF90

Pada modem ZTE MF90 terdapat 2 konektor antena tersembunyi di balik baterei. Untuk memasangnya maka baterei harus dicopot dan power modem berasal dari charger. Masalahnya modem tidak bisa hidup hanya dengan charger tanpa baterei , ini bisa diatasi dengan menggunakan komponen dari baterei dummy atau fake baterei. Komponen baterei dummy terdiri dari komponen elektronik berupa kapasitor yang membuat seolah² modem sedang mengisi daya sebuah baterei.
Setelah baterei dummy dipasang, berikutnya adalah memasang pigtail antena. Pigtail adalah penghubung antara konektor modem dengan kabel antena. Masukkan ujung pigtail ke salah satu lubang konektor antena hingga masuk benar sampai terasa bunyi "klik". Tanda konektor sudah benar² masuk ke lubangnya adalah kalau di balik pigtail tidak akan jatuh.
Berikutnya kencangkan pigtail dengan dijepit klip supaya pigtail tidak bisa bergerak dan copot lagi. Caranya tahan ujung pigtail atas dengan jempol kemudian jepit pigtail dan support antena pakai klip penjepit. Sekarang modem MF90 siap dipasangkan kabel antena eksternal.
Antena biquad harus dipasang ditempat yang paling tinggi untuk bisa mendapatkan sinyal 4G yang mumpuni. Untuk hasil terbaik selain dipasang di tempat tinggi, antena harus tidak terhalang oleh bangunan, pohon atau benda lainnya, istilahnya adalah free Line of Sight (LOS).
Untuk memudahkan antena biquad dipasang dengan pipa PVC 1/2" kemudian bisa diikat supaya bisa berdiri tegak. Untuk mendapatkan sinyal terbaik maka harus diarahkan ke menara BTS atau pemancar dari operator Bolt terdekat.  Kalau belum tahu lokasi BTS maka bisa dicoba ke segala arah sambil dilihat kualitas sinyal yang didapat. Kualitas sinyal bisa dilihat di web GUI bolt lewat komputer atau gadget lain di alamat 168.169.1.1 setelah terhubung via wifi.

No comments:

Post a Comment